WHO: Korut Lakukan Tes Corona pada 1.211 Orang, Semuanya Negatif

Ashanti Gold Sporting Club

Korut Lakukan Tes covid-19 pada 1.211 Orang, Semuanya Negatif

Pyongyang

Korea Utara (Korut) dilaporkan sudah melakukan tes virus Corona (COVID-19) terhadap 1.211 orang hingga 16 Juli. Semua hasil tes Corona itu dinyatakan negatif.

Seperti dilansir CNN, Kamis (30/7/2020), hal tersebut disampaikan oleh perwakilan Organisasi Kesehatan global (WHO) untuk Korut, Dr Edwin Salvador.

Dalam pernyataan kepada CNN, Dr Salvador menyebut seluruh institusi pendidikan di Korut — termasuk Taman Kanak-kanak — kini sedang dalam masa libur musim panas yang diperpanjang hingga dua bulan ke depan.

Saat ini, ujar Dr Salvador, ada 696 warga Korut yang menjalani karantina. Semua yang dikarantina disebut sebagai buruh dan pekerja bongkar-muat barang di pelabuhan Nampo, pantai barat Korut dan area perbatasan Sinuiju-Dandong, antara Korut dan China.

“Peningkatan jumlah orang yang dikarantina disebabkan oleh naiknya volume barang yg masuk ke negara ini melalui Nampo dan rute Sinuiju-Dandong. Obat-obatan dan produk medis seperti vaksin dan barang-barang terkait corona diberi prioritas tinggi untuk diangkut menyeberang perbatasan,” sebutnya.

Menurut WHO, ada 15 laboratorium yg dirancang untuk tes Corona di Korut, termasuk beberapa laboratorium di provinsi-provinsi setempat. Namun, Institut Kebersihan Anti-Epidemi Sentral tetap menjadi laboratorium rujukan.

Disebutkan juga oleh Dr Salvador bahwa primer (bentangan kecil DNA atau RNA) dan probe (fragmen DNA atau RNA) bagi mesin-mesin PCR (polymerase chain reaction) yang mampu memfasilitasi 1.000 tes, telah datang di Korut. Primer dan probe itu dikirimkan oleh kantor regional WHO di Asia Tenggara.

Artikel ini telah diterbitkan oleh news.detik.com dengan judul WHO: Korut Lakukan Tes Corona pada 1.211 Orang, Semuanya Negatif.
Silahkan disimpan jika bermanfaat.

Add Comment